Selasa, Mei 03, 2011

Manusia Dan Penderitaan

Pengertian Penderitaan
Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung. Derita artinya  menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan dapat berupa penderitaan lahir atau batin atau lahir dan batin. Penderitaan termasuk realitas manusia dan dunia. Intensitas penderitaan bertingkat-tingkat, ada yang berat, ada yang ringan. Namun peranan individu juga menentukan berat-tidaknya intensitas penderitaan. Suatu pristiwa  yang dianggap penderitaan oleh seseorang belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain. Dapat pula suatu penderitaan merupakan energi untuk bangkit kembali bagi seseorang, atau sebagai langkah awal untuk mencpai kenikmatan dan kebahagiaan.
           Penderitaan yang selalu dirasakan setiap manusia dimuka bumi ini berbeda-beda. Tuhan tidak pernah pilih kasih dengan memberikan penderitaan kepada manusia. Penderitaan merupakan sesuatu takdir yang telah diciptakan. Beberapa contoh penderitaan dalam kehidupan sehari-hari :
  1. Seorang yang kaya bukan berarti dia tidak memiliki penderitaan. Dia bisa saja memiliki penderitaan dalam hatinya. Seperti kurangnya kasih sayang dari sekelilingnya karena sibuk dengan kekayaanya. Orang-orang mendekatinya karena hartanya ataupun yang lainya, itu dapat mudah terjadi.
  2. Penderitaan berupa rasa sakit yang kadang dirasakan oleh beberapa orang. Setiap orang pernah merasakan sakit meskipun sakit yang kecil dan tidak terlalu berbahaya. Sakit dapat dikarenakan hidup kurang sehat. Sakit tidak di luar saja atau di fisik, tapi mental seseorang juga dapat sakit, seperti sakit hati karena cinta, dan sakit jiwa.
  3. Penderitaan karena kemiskinan, kemiskinan dapat membuat seseorang menjadi sangat menderita lahir dan batin. Setiap hari memikirkan makan apa mereka, lalu memikirkan bagaimana kehidupan mereka selanjutnya, bagaimana biaya anak-anak dan keluarga. Kemiskinan sangat mengganggu pikiran manusia yang merasakannya dan itu merupakan penderitaan yang berat bagi mereka.
  4. Penderitaan karena bencana alam sering terjadi akhir-akhir ini. Sekarang karena cuaca yang tidak menentu dapat menimbulkan berbagai macam bencana alam, seperti angin kencang yang menyebabkan pohon tumbang dan menimpa sebuah mobil, penderitaan akan dirasakan oleh sang pemilik mobil itu. Lalu bencana tanah longsor yang menyeret rumah-rumah, penderitaan sangat dirasakn oleh orang-orang pemilik rumah yang kehilangan harta bendanya.
Masih banyak lagi penderitaan yang terjadi yang menimpa beberapa manusia. Penderitaan itu akan terasa lebih ringan jika mereka dapat menghadapinya dengan lapang dada.

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money